Sabtu, 29 Mei 2010

Wawacan SULUP

Berisikan ajaran tarekat Islam atau disebut ilmu tasauf Islam. Tarekat adalah ajaran agama Islam secara mendalam.
Ilmu ini hanya boleh dipelajari oleh mereka yang telah cukup umur untuk dapat menghayati dan bisa menjawab untuk apa manusia dihidupkan oleh Tuhan, apa Tuhan, apa tugas manusia selama hidup dan kemana kita pergi setelah dipanggil oleh Allah.

Dalam naskah ini dibahas tentang hal berikut:
Pertama
Kita sebagai makhluk Tuhan harus menafakuri dan memikirkan tentang terjadinya diri kita yang berwujud manusia. Dari mana kita datang, untuk apa kita dijadikan manusia dan di mana sesungguhnya kita berada dan hendak ke mana kita di kemudian hari.

Kedua
Kita sebagai mahluk Tuhan harus menafakuri apa yang terjadi di sekitar kita berada, yaitu mahluk ciptaan Tuhan yang lain, mengapa kita diciptakan bersama makhluk yang ada di dalam sekitar kita. Mengapa Tuhan menciptakan pula bumi dan langit. Apa tugas dan kewajiban manusia terhadap alam dan ciptaan Tuhan lainnya. Sebagaimana manusia ciptaan Tuhan lain pun bagaimana kelanjutannya.

Dari hasil pemikiran dan menafakuri yang disebut tadi, dapat diambil kesimpulan bahwa hidup manusia ini tidak mempunyai makna dan arti apa-apa bila dibandingkan dengan kekuasaan Allah, kecuali bila manusia itu sendiri mau berbakti dan bersujud kepadanya.
Dalam naskah ini, dikatakan pula bahwa seyogyanya manusia sendiri mungkin berbakti dan menjalankan segala perintah Allah serta menjauhi segala larangannya. Selama kita hidup pintu taubat belum tertutup bila berkesempatan hidup ini tidak dimanfaatkan, dan ajal kita telah diambil artinya sudah tidak ada kesempatan lagi untuk taubat. Penyesalanlah yang akan kita peroleh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar